PUSAT INFORMASI TANPA BATAS

Patung Sudirman Dilelang, Yayasan Sentil Pemerintah


Oto Nugraha Adi - detikNews


Foto: Otto Nugraha/detikcom
Pacitan - Pelelangan patung Jendral Sudirman dan rumah bekas markas gerilya di kompleks monumen Desa Pakisbaru, Kecamatan Nawangan, Pacitan membuat geger. Hal itu merupakan bentuk protes keluarga almarhum Roto Suwarno sebagai pemilik kawasan atas ketidakjelasan pengelolaan situs bersejarah tersebut.

"Kita mau sentil pemerintah bahwa ini kepemilikannya masih 100 persen di kita dan selama ini belum ada tindak lanjut mengenai penyelesaian kepemilikan," terang Andi Buwono, juru bicara Yayasan Roto Suwarno saat berbincang dengan detik.com, Sabtu (17/7/2010).

Andi mengakui, selama ini pernah terlibat pembicaraan dengan pemerintah terkait masa depan kawasan yang telah ditetapkan menjadi obyek wisata sejarah tersebut. Namun upaya itu masih menemui jalan buntu. Oleh karena itu, pihaknya menunggu respons pemerintah.

"Kalau tidak ada penyelesaian segera, kita berhak dong mau lelang, mau gadaikan atau jual sekalipun," tandasnya.

Pernyataan itu, kata Andi bukan semata ditujukan kepada pemkab sebagai pemegang otoritas wilayah, namun juga kepada pemerintah pusat. Terlebih, Monumen Panglima Besar Jendral Sudirman telah ditetapkan sebagai kawasan wisata sejarah.

Selain terdiri dari patung perunggu setinggi 8 meter yang terletak di puncak Bukit Gandrung, juga terdapat rumah bekas markas gerilya. Bangunan rumah Jawa kuno itu berada di Dusun Sobo, sekitar 1 kilometer dari lokasi patung.

(rdf/rdf)

klik link:gambar patung jenderal sudirman

Comments :

0 komentar to “Patung Sudirman Dilelang, Yayasan Sentil Pemerintah”

Posting Komentar

 


SPONSOR ^

SPONSOR ^